Tugas Bahasa Indonesia 2
“ Penyusunan Laporan “

3EB06
Kelompok
IV, Anggota :
Abdusy
Syukur
Aqilla
Tasha
Khuriyati
Ningsih
Muhammad
Ali
Muhammad
Sodikin
Nova
Nuriati Pratama
Nur
Aimi
Nurul
Khotimah
Riza
Armindyarni
Septina
Lycencia
Tisa
Novita Sari
Triadin
Vera
Novita
Tata Cara Penyusunan Laporan
PENGERTIAN
Laporan adalah karangan yang berisikan paparan
peristiwa/kegiatan yang telah dilakukan.Laporan dapat berupa laporan
perjalanan, laporan kegiatan atau laporan pengamatan.Topik laporan adalah pokok
yang dibicarakan atau dibahas dalam laporan.
Menurut F X Soedjadi, laporan didefinisikan
sebagai :
Suatu bentuk penyampaian
berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan
maupun tulisan dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (
authority ) dan tanggung jawab
(
responsibility ) yang ada antara mereka.
Pentingnya Laporan Kegiatan
Laporan kegiatan merupakan alat
yang penting untuk :
a.
Dasar penentuan kebijakan dan pengarahan pimpinan.
b.
Bahan penyusunan rencana kegiatan berikutnya.
c.
Mengetahui perkembangan dan proses peningkatan kegiatan.
d.
Data sejarah perkembangan satuan yang bersangkutan dan lain-lain.
Ciri laporan yang baik :
1. Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas.
2. Didasarkan oleh fakta yang benar dan
meyakinkan.
3. Disajikan secara lengkap.
4. Menarik dan enak dibaca.
Macam Laporan
a. Ditinjau
dari cara penyampaian, terdapat :
1)
Laporan lisan, disampaikan secara lesan, biasanya dilakukan hal-hal yang perlu
segera disampaikan laporan lisan dapat dengan tatap muka, lewat telepon ,
wawancara dan sebagainya.
2)
Laporan tertulis, disampaikan secara lengkap dalam bentuk tulisan.
b. Ditinjau
dari bahasa yang digunakan, terdapat :
1)
Laporan yang ditulis secara populer, yang menggunakan kata-kata sederhana,
kadang-kadang diselingi dengan kalimat humor / lucu.
2)
Laporan yang ditulis secara ilmiah, sebagai hasil peneliti. Biasanya isinya
singkat tetapi padat dan sistimatis serta logis.
c. Ditinjau
dari isinya, dapat dibedakan :
1)
Laporan kegiatan, misalnya pelaksanaan perkemahan, pelaksanaan ujian SKU, SKK,
Pramuka Garuda.
2)
Laporan perjalanan, misalnya laporan wisata, pengembaraan, penjelejahan dan
sebagainya.
3)
Laporan keuangan, menyangkut masalah penerimaan dan penggunaan uang.
Kerangka
laporan :
1.
Pendahuluan
Berisi latar belakang sebuah kegiatan dilaksanakan.
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
a.
Latar belakang kegiatan.
b.
Dasar hukum kegiatan.
c.
Apa maksud dan tujuan kegiatan.
d.
Ruang lingkup isi laporan.
2 .ISI LAPORAN
Pada
bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
Jenis kegiatan.
b.
Tempat dan waktu kegiatan.
c.
Petugas kegiatan.
d.
Persiapan dan rencana kegiatan.
e.
Peserta kegiatan.
f. Pelaksanaan
kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta / datanya).
g.
Kesulitan dan hambatan.
h. Hasil kegiatan.
i. Kesimpulan
dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3.
Penutup
Pada kegiatan ini ditulis ucapan
terima kasih kepada yang telah membantu penyelenggaraan kegiatan itu, dan
permintaan maaf bila ada kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan
itu dibuat.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan
Laporan diusahakan agar :
a.
Singkat dan padat.
b.
Runtut atau sistimatis.
c.
Mudah dipahami isinya.
d.
Isinya lengkap.
e.
Menarik penyajiannya.
f.
Berpegangan pada fakta, data dan persoalannya.
g.
Tepat pada waktunya.
Lain –
lain.
a. Dalam laporan dapat dilampirkan : photo-photo kegiatan,
tanda bukti, surat-surat keterangan dan sebagainya ( copy )
b. Untuk mempermudah penyusunan laporan sebaiknya
tetap mengacu pada proposal yang pernah diajukan.
c. Memberikan Laporan kegiatan dengan tembusan
kepada satuan/ lembaga yang terkait. ( Mabi, Kwartir, Sponsor dll
Penyusunan Laporan
Isi
laporan hendaknya lengkap yaitu menjawab semua pertanyaan dibawah ini :
1. Apa (
What ? )
2.
Mengapa ( Why ? )
3. Siapa
( Who ? )
4.
Dimana ( Where ? )
5. Kapan
( When ? )
6.
Bagaimana ( How ? )
Tahap-tahap Dasar Pembuatan
Laporan
1. Tahap Persiapan
Pada
tahap awal ini harus terjawab beberapa pertanyaan penting seperti hal apa yang
akan dilaporkan. Dengan terjawabnya beberapa pertanyaan, maka akan dapat
dirumuskan secara jelas latar belakang dan masalah laporan, tujuan laporan,
target waktu laporan, data yang relevan untuk disajikan, dan sumber-sumber
data.
2. Pengumpulan dan Penyajian Data
Dalam
proses pengumpulan harus selalu mengacu pada permasalahan dan tujuan yang telah
ditetapkan. Baik sumber primer maupun sumber sekunder. Setelah
dikumpulkan, data itu dikelompokkan menjadi bahan utama dan data
pendukung atau penunjang.
3. Sistematika Laporan
Menentukan
bagian-bagian utama laporan atau lazim, kemudian sub-sub bagian laporan yang
nantinya akan dijabarkan lebih lanjut dalam kalimat – kalimat.
4. Penulisan Laporan
Pada
tahap penulisan laporan harus mengacu pada sistematika yang telah ditetapkan
sehingga laporan tersebut dapat tersaji secara runtut, mudah dipahami, dan enak
dibaca.
terima kasih banyak, sangat bermanfaat min.
BalasHapuskunjungi website kita juga ya ^^
www.skycoversstudentcompany.webs.com
Terima kasih ^^