Senin, 28 November 2011

Hatta: Pendidikan Rakyat RI Rendah Tapi Kesejahteraan Baik

Jakarta - Meskipun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia rendah, Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan kesejahteraan masyarakat Indonesia baik.

Hatta menyatakan IPM Indonesia hanya jatuh pada sisi pendidikan tetapi jika dilihat tingkat kesejahteraan, manusia Indonesia lebih baik.

"Kita jatuh pada pendidikan, sehingga educational kita rendah, tapi kan dari sisi kesejahteraan kita baik," kilah Hatta menanggapi rendahnya peringkat kualitas manusia Indonesia saat ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (28/11/2011).

Jika dibandingkan dengan Malaysia, Hatta yakin akan selalu berada di atas negara Jiran tersebut. Pasalnya, jumlah masyarakat Indonesia yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan masyarakat Malaysia.

"Pintarnya melebihi, tapi yang bodohnya juga melebihi Malaysia. Tapi kita maju, banyak kemajuan, banyak negara yang memuji kemajuan kita," pungkasnya.

Berdasarkan laporan UNDP, kualitas manusia Indonesia pada tahun 2011 mengalami kenaikan tipis. Namun jika dibandingkan 5 negara besar ASEAN, kualitas manusia di Indonesia berada di posisi paling buncit. Nilai Human Development Index (HDI) Indonesia yang naik dari 0,613 pada tahun lalu menjadi 0,617 pada tahun ini.

Dengan nilai tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-124 dari 187 negara. Peringkat ini hanya naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu. Sementara di ASEAN, kualitas manusia Indonesia di bawah 5 negara ASEAN lainnya.

Singapura menduduki peringkat pertama di ASEAN untuk kualitas manusianya dengan nilai HDI 0,866. Kemudian Brunei dengan nilai HDI 0,838, Malaysia dengan HDI 0,761, Thailand 0,682, dan Filipina 0,644.

Negara ASEAN di bawah Indonesia adalah Vietnam dengan nilai HDI 0,593, Laos 0,524, Kamboja 0,523, dan Myanmar yang menduduki posisi bawah yaitu 0,483.

HDI ini mengukur pencapaian pembangunan manusia pada suatu negara dalam 3 dimensi dasar yang tercermin dalam taraf pendidikan, kesehatan, serta kemampuan daya beli. Untuk indeks pendidikan 0,779, untuk index pendapatan 0,518, dan untuk index kesehatan 0,584.

sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar