Sabtu, 27 Oktober 2012

Kertas Elektronik Ramah Lingkungan

Kertas elektronik (bahasa Inggris: electronic paper atau e-paper) adalah sebuah teknologi portabel yang tampilannya hampir sama seperti kertas biasa, namun dapat diakses ribuan kali. Berbeda seperti kertas biasa yang hanya bisa sekali ditulisi, kertas elektronik bisa menerima tulisan dan merefreshnya berkali-kali. Kertas elektronik dianggap lebih nyaman untuk digunakan dibandingkan layar konvensional karena tampilan gambarnya yang lebih stabil, tidak perlu direfresh secara konstan, dan angle yang lebih luas.Teknologi kertas elektronik digunakan untuk menjalankan aplikasi e-book dan electronic newspaper. Saat ini, terjadi persaingan antar pengusaha media untuk menghadirkan fasilitas kertas elektronik untuk medianya. Hal penting yang harus dipahami, kertas elektronik berbeda dengan kertas digital (digital paper) yang merupakan sebuah teknologi dimana kita bisa menulis dokumen digital dengan pena digital.
LG baru-baru ini memperkenalkan sebuah electronic paper display (EDP) plastik pertama di dunia. Layar e-paper dengan resolusi 1.024 x 768 piksel itu, selain dapat ditekuk pada bagian sudutnya hingga 40 derajat.

EDP buatan LG tersebut diklaim akan merevolusi pasar e-book. Dengan EPD yang lebih tipis, lebih ringan, dan lebih tahan lama, membaca E-Book akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan perangkat lainnya seperti tablet dan smartphone.
Membaca e-book di EDP kemungkinan besar akan mengurangi kelelahan mata dan konsumsi listrik yang lebih efisien di samping harga yang lebih murah tentunya.
EDP plastik buatan LG ini akan disuplai pertama kali ke manufaktur di China, setelah itu EDP akan dirilis di Eropa.

Source : www.wikipedia.org
              www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar