Rabu, 17 Oktober 2012

Wamendag Minta Dubes RI di Luar Negeri Pakai Baju Adat Setiap 17 Agustus

Jakarta - Kebanyakan negara luar mengenal Indonesia hanya sebatas Jakarta sebagai ibukota, atau Bali sebagai tempat wisata saja. Pemerintah memiliki ide untuk membuat daerah lain di Indonesia dikenal. Apa itu?

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menganjurkan, setiap hari kemerdekaan 17 Agustus, para duta besar ataupun utusan negara Indonesia di luar negeri memakai baju adat salah satu provinsi di Indonesia. Kemudian juga mengadakan perayaan yang bernuansa provinsi tersebut.

"Misalnya Dubes di Afrika Selatan, anda pilih satu provinsi. Misalnya Sulsel (Sulawesi Selatan) pakai baju Sulsel, makannya khas Sulsel," ungkap Bayu di hadapan para atase perdagangan dan Dubes dalam acara Trade Expo Indonesia yang diadakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (18/10/12).

Bayu mengatakan, kegiatan tersebut ditujukan agar seluruh provinsi di Indonesia bisa go international dan dikenal di seluruh dunia.

"Di seluruh dunia, Indonesia dengan masing-masing Indonesian Day-nya mengangkat daerah di Indonesia," katanya.

Menurutnya, sekarang ini mayoritas negara luar hanya tahu Indonesia identik dengan Jakarta, padahal masih banyak daerah-daerah lain yang bisa digali dan memiliki potensi yang sangat besar, termasuk dalam sektor perdagangan.

"Indonesia bukan hanya Kemendag dan Jakarta, tapi dari Sabang sampai Merauke," cetus Bayu.

sumber : detikfinance.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar